Tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan pemilihan.

" />
HOT NEWS :
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN BANGKA TENGAH http://kab-bangkatengah.kpu.go.id •    MENUJU PEMILIHAN SERENTAK 9 DESEMBER 2020 PEMILIH BERDAULAT NEGARA KUAT, KPU MELAYANI •    PENGUMUMAN PENETAPAN PPDP PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA TENGAH TAHUN 2020 DAPAT DILIAT DI MENU DOWNLOAD •    INFORMASI DAN FORMULIR PENDAFTARAN PEMANTAU PEMILIHAN, LEMBAGA PELAKSANA SURVEI ATAU JAJAK PENDAPAT DAN PELAKSANA PENGHITUNGAN CEPAT DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA TENGAH TAHUN 2020 DAPAT DILIHAT DI PENGUMUMAN •   

Tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan pemilihan.

Minggu, 31 Januari 2021

Tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan pemilihan.

Pangkalan Baru, kpu-bangkatengahkab.go.id - Dalam rangka menciptakan tata kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance) dalam pengelolaan keuangan yang profesional, terbuka, dan bertanggung jawab. Maka pertanggungjawaban keuangan dalam pengelolaan anggaran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah harus disampaikan dengan benar dan tepat waktu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan pertimbangan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah menggelar bimbingan teknis penyusunan laporan pertanggungjawaban akhir tahapan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah Tahun 2020 yang diterima dan digunakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Bimtek yang digelar di soll marina hotel Bangka selama dua hari (26-27 Januari 2021), Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Rusdi  berpesan kepada seluruh peserta agar menyimak dan memahami apa yang akan disampaikan oleh narasumber. "Jika ada yang bingung atau belum mengerti agar dapat berkonsultasi di acara ini sehingga laporan yang disusun akan tersampaikan tepat waktu dan baik serta benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku" jelas Rusdi  (26/01).

Dalam kesempatan ini Saharullah, SE Plt. Sekretaris KPU Kabupaten Bangka Tengah memberikan arahan jika rapat akan dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu penyampaian materi Keputusan KPU RI Nomor 7/KPU/U/2021, Konsolidasi Lpj Tahun 2020 (PPK dan PPS/KPPS), diskusi tanya jawab, penyampaian SPPKD (PPK dan PPS) dan Pembahasan SPPKD. "Untuk mempermudah koordinasi maka dibentuk tim sub koordinator per kecamatan di depan peserta. Beliau menyampaikan jika peserta bimbingan teknis ini adalah Sekretaris dan Staf Urusan Keuangan PPK dan Sekretaris dan Staf Urusan Keuangan PPS se-Kabupaten Bangka Tengah dengan total keseluruhan 138 orang. Peserta rapat merupakan orang yang bertanggung jawab dalam penyusunan dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan."tambahnya.

Memasuki acara selanjutnya tim keuangan menyampaikan materi yang disampaikan oleh Darma Ruswido, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menjelaskan kepada semua peserta jika materi meliputi penyusunan rencana kerja anggaran, tahapan pengelolaan dana hibah, tahapan pencairan dan penyaluran dana hibah, penggunaan dana hibah dan mekanisme pembayaran, pertanggungjawaban dana hibah, pembukuan dan pelaporan. " Penyaluran Dana setelah tahapan pencairan maka disalurkan ke PPK, PPS termasuk KPPS. meliputi alokasi anggaran, pencairan anggaran dilakukan beberapa tahapan yaitu pengajuan permohonan kebutuhan anggaran dengan format yaitu Model.Keu.SPPKD.PPS01 untuk PPS dan Model.Keu.SPPKD.PPK.01 untuk PPK " jelas Edo Panggilan Akrab beliau terkait proses penyaluran dana.

Panitia selanjutnya membentuk tim untuk melakukan konsolidasi dan konsultasi masing-masing Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS per kecamatan.

Di Hari kedua diselenggarakan penyampaian SPPKD, setelah penyampaian SPPKD (PPK dan PPS), dilakukan evaluasi pertanggungjawaban keuangan tahun 2020 oleh Sekretariat KPU Kabupaten Bangka Tengah. Plt. Sekretaris KPU Kabupaten Bangka Tengah mengucapkan terimakasih dan semua berkas  akan dibawah oleh KPU Kabupaten Bangka Tengah. Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah menutup acara dengan mengucapkan terimakasih kepada semua peserta dan panitia sehingga acara berjalan dengan lancar. (c2p)

BERITA LAIN

Indeks Berita -
TOP